Setahun yang lalu

Lagi brosing ke blog temen2, mampir ke blognya pak Huda baca tulisan dia waktu dulu seperjuangan dengan gwe, ngurusin E-Filing dari pajak yang sekarang gatau juntrunganya.

Dulu gwe, huda, cangxe dan oeoe kejar-kejaran waktu ngerjain aplikasi perhitungan pajak, sampe suatu hari gwe sama cangxe sampe ngga melaksanakan ibadah karena baru tidur jam 6 pagi, padahal ibadah itu terhitung jarang karena hanya setahun sekali, tiap hari minuman extrajoss sama kopi, pulang ke kosan panas *hareudang* bangun bibir pecah2 panas dalem.

Wah lumayan sedih lah pokonya dulu, tapi disana gwe pribadi belajar banyak hal dari anak2 laennya, dari mulai kotak katik server sampe bikin aplikasi dotNet.

Ada huda dengan design, database knowledge, ada juga canxe dengan rasa ingin tahu yang tinggi, kalo kata orang-orang mah dia teh *hacker*,dia tahu banyak tentang operating system dan seluk beluknya.

Ada oeoe yang *cepat*, sumpe deh tuh orang cepet belajar, cepet ngerjain sesuatu, pernah suatu hari pak oeoe ini diminta buat formulir pengisian informasi pajak (SPT), dalam beberapa jam si oeoe ini bisa mem*produksi* puluhan formulir, itu formulir bikinnya pake Visual Basic, lengkap dengan validasi dan perhitungan standar, cenggih :D.

Banyak cerita yang terjadi disana, dari mulai kesalahan gwe dengan ngajak canxe untuk masuk ke prusahaan itu karena sebelumnya dia udah mau diangkat jadi karyawan tetap di tempat gawenya yang dulu, sorry cang….

Ketiga orang itu gwe *seret* kedalam kenistaan dan kesedihan, I’m really sorry guys…

6 Bulan berlalu keadaan ngga berubah, malah makin gonjang-ganjing gara2 gwe, memang semuanya gara2 gwe, ada satu bagian aplikasi yang ngga selesai gwe bikin dan bagian itu adalah yang paling dan sangat penting, karena disanalah jantung dari usaha E-Filing.

Jadi proses E-Filing itu kan client ngisi data pajak pake aplikasi dari pajak trus hasilnya diconvert ke XML di encrypt pake public key nya Dirjen Pajak trus di server kami data itu di encrypt lagi pake private key nya perusahaan kami, trus dari server dikirim ke server pajak, nanti ada balikannya, semua komunikasi via web service dengan protokol SOAP.

Nah aplikasi di sisi server waktu itu gwe ga selesai testing, karena dari sisi development gwe udah selesai *kayanya* tapi belum di test, kebetulan waktu itu investornya udah bosen kali ya develop mulu ngabisin duit, karena biaya colocation belum dibayar jadi diputus tuh server, gwe gabisa ngetes dan perusahaan pun bubar ๐Ÿ™

Mungkin bukan rezekinya, tapi disitu gwe ngerasa bersalah banget, soalnya yang bener2 belum selesai kerjaannya itu gweh ya di gweh salahnya, bukan yang laen, karena kesalahan gwe perusahaan jadi bubar ๐Ÿ™

Tapi akhir2 ini di salah satu milis yang gwe ikutin ada rekan juga di perusahaan lain yang ikutan project E-Filing, katanya perusahaan yang lain pun pada belum mulai, bedanya mreka belum bubar.

Semua itu tinggal kenangan dan pelajaran, moga2 ga terjadi lagi, soalnya gwe berurusan dengan perusahaan baru juga sekarang dan gwe termasuk megang peranan lumayan penting juga, sebenernya gwe udah agak bosen berurusan dengan perusahaan yang baru banget, gwe selalu inget pesen dari almarhum Pak Taufik.

“Itu bayi lu, lu urus dari kecil, masa udah agak gede lu mau tinggalin”

Kata2 itu yang selalu membuat gwe terus berjuang sampe matinya tuh perusahaan ngga sampe ninggalin ke perusahaan laen *sebenernya sih karena lamaran gwe ga ditrima dimana2 hehe*

Ya itu sedikit cerita gwe setaun yang lalu… dengan kebodohan dan kesalahan gwe…

ps: blog ini pengennya jadi cerita, tapi alurnya ga jelas, bahasanya ga jelas, yang dibahas ga jelas semua ga jelas, padahal gwe udah nanya sama om prima gmana cara nulis sesuatu supaya keliatan emosinya, tapi gabisa ๐Ÿ™

*dasar aku manusia tak berguna*

7 thoughts on “Setahun yang lalu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *